Rabu, 18 Juli 2012

SEHAT DAN BUGAR SELAMA BULAN PUASA

Tips-Tips


1. Niat Puasa

Motivasi yang kuat untuk puasa menyebabkan visik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. diketahui bahwa kadar pada asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan . Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.

2. Tetap Makan Sahur

Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energy dalam melakukan aktivitas keseharian. Bila tidak sahur seseporang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun . Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu , loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah.

3. Hindari Makanan Aatau Minuman Yang Mengandung Gula Saat Sahur

Makan dan minum yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam tubuh. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul, dan badanpun menjadu cepat lemas dan lesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat dibanding jenis makanan lain.

4. Segera Berbuka Puasa Pada Waktunya

Segera berbuka puasa dengan makanan yang manis (kurma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makan dan minumlah kamu dan jangan berlebihan.

5. Berolahraga Dibulan Ramadhan

Salah Satu penyebab lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur . waktu yang tepat berolah raga dibulan ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.

6. Meenjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut Selama Berpuasa

Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan berbau.karna itu dianjurkan segera menggosok gigi sehabis makan sahur, agar sisa-sisa makana tidak membusuk didalam rongga mulut.

Sekiaan tips dari elly, semoga bermanfaat bagi semua yang menjalankan ibadah puasa.dan selamat berpuasa…………

1 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More