Senin, 16 Juli 2012

LAPORAN KEGIATAN MAHASISWA STAIN METRO(EKONOMI ISLAM ) DI BANDUNG-JAKARTA(KUNJUNGAN KEFAKULTAS EKONOMI ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH DAN BPRTIK KOMINFO CIPUTAT


Kunjungan wisata ke bandung-jakarta yang di mulai pada tanggal 14 juni 2012 untuk penelitian di beberapa tempat, seperti kunjungan ke fakultas ekonomi islam syarif hidayatullah Jakarta dan BPRTIK KOMINFO CIPUTAT,serta kunjungan wisata ke maribaya bandung.

Pada tanggal 14 juni 2012 ,tepatnya setelah ashar,Kami serombongan (anak-anak ekonomi semester IV) berkumpul di depan kampus STAIN JURAISIWO METRO untuk bersiap-siap berangkkat menuju Jakarta-bandung,dengan diawali niat yang baik dan Bismillah.

Pada tanggal 15 juni 2012 ,tapatnya ketika subuh akhirnya kami sampai di universitas negri syarif hidayatullah Jakarta,setelah solat subuh,mandi dan sarapan,kami langsung mendatangi kampus tersebut,Tujuan kunjungan ini untuk mengetahui langsung apa dan bagaimana bursa efek itu sendiri. Dari hasil yang didapat Bursa Efek Jakarta (BEJ) atau Jakarta Stock Exchange (JSX) adalah sebuah bursa saham di Jakarta , Indonesia.
Bursa Efek Jakarta merupakan salah satu bursa tempat dimana orang memperjualbelikan efek di Indonesia. Pada 1 Desember 2007 Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya melakukan pengabungan usaha yang secara efektif mulai beroperasi pada 1 Desember 2007 dengan nama baru Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Jakarta (BEJ) atau Jakarta Stock Exchange (JSX) adalah sebuah bursa saham di Jakarta, Indonesia. Bursa Efek Jakarta merupakan salah satu bursa tempat dimana orang memperjualbelikan efek di Indonesia. Pada 1 Desember 2007 bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya melakukan pengabungan usaha yang secara efektif mulai beroperasi pada 1 Desember 2007 dengan nama baru Bursa Efek Indonesia.
SEJARAH
BEJ berawal dengan dibukanya sebuah bursa saham oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1912 di Batavia. Setelah sempat tutup beberapa kali karena terjadinya perang, BEJ kembali dibuka pada 1977 di bawah pengawasan Bapepam.
Pada 13 Juli 1992, BEJ diprivatisasi dengan dibentuknya PT. Bursa Efek Jakarta. Kemudian pada 1995, perdagangan elektronik di BEJ dimulai.
Setelah sempat jatuh ke sekitar 300 poin pada saat-saat krisis, BEJ mencatat rekor tertinggi baru pada awal tahun2006 setelah mencapai level 1.500 poin berkat adanya sentimen positif dari dilantiknya presiden baru, Susilo Bambang Yudhoyono. Peningkatan pada tahun 2004 ini sekaligus membuat BEJ menjadi salah satu bursa saham dengan kinerja terbaik di Asia pada tahun tersebut.
Pada tahun 2007 BEJ melakukan merger dengan Bursa Efek Surabaya dan berganti nama menjadi Bursa Efek Indonesia. Penggabungan ini menjadikan Indonesia hanya memilki satu pasar modal. [3]
Indeks saham
Dalam rangka memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik, BEJ telah menyebarkan data pergerakan harga saham melalui media cetak dan elektronik. Satu indikator pergerakan harga saham tersebut adalah Indeks harga saham. BEJ mempunyai 6 macam Indeks saham:
1. IHSG, menggunakan semua saham tercatat sebagai komponen kalkulasi Indeks.
2. Indeks Sektoral, menggunakan semua saham yang masuk dalam setiap sektor.
3. Indeks LQ45, menggunakan 45 saham terpilih setelah melalui beberapa tahapan seleksi.
4. Indeks Individual, yang merupakan Indeks untuk masing-masing saham didasarkan harga dasar.
5. Jakarta Islamic Index, merupakan Indeks perdagangan saham syariah.
6. Indeks Kompas100, menggunakan 100 saham pilihan harian Kompas.
Setelah itu……..
kami mengunjungi BPRTIK KOMINFO Ciputat disana kami mendapat sambutan yang hangat dapat melihat apa saja yang ada didalamnya, disini kami banyak mendapatkan pengalaman yang belum pernah sebelumnya kami lihat,walaupun sedikit melelahkan namun banyak yang lebih menyenangkan.
Lanjut perjalanan……
Kenudian kami langsung menuju ke bandung,berhubung hotel yang rencana nya akan kami tempati penuh…. Akhirnya kami melanjutkan perjalanan kebandung menuju hotel,alaupun sebenernya raga nie dah gak kuat,hehheh.sesampainya dihotel,kami menuju kamar masing-masing untuk segera beristirahat menyiapkan perjalanan selanjutnya.
Tanggal 16 juni 2012
Kami melanjutkan perjalanan,yaitu studi wisata ke maribaya bandung,disana sangat menyenangkan,walaupun jarang yang harus di tempuh sejauh 6km tapi hati ni tetep seneng hehhehe
Kemudian kami lanjut untuk blanja di Pasar Baru Bandung,saying nya waktu buat belanja sangat terbatas,jadi gak puas dech belanjanya,setelah selesai belanja kamipun mulai bersiap-siap pulang menuju lampung,dan tanggal 17 juni 2012 kami sampai dilampung lagi dengan selamat….
Menyenangkan…..
tapi akhirnya aku kapok naik mobil ,pengen jalan-jalan lagi,tapi lok bias terbang aja atau ngilang… biar cepet nyampenya dan pastinya gak mabuk perjalanan(hehehehehe sumpah ely katrok banget)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More